Pembullyan Anak di Sekolah

Pembullyan Anak di Sekolah, Orang Tua harus Ikut Serta Mengatasinya

Penindasan atau Pembullyan Anak di Sekolah mengikut sertakan sikap berulang-ulang yang membuat rugi anak lain.

Misalkan, gadis-gadis yang terus-terusan mengusik Sara di lorong menindasnya dengan buang buku-bukunya, mendorongnya, dan mendorongnya tiap hari.

Pembullyan Anak di Sekolah

Bullying tidak selamanya fisik. Misalkan, pada kondisi Jeremy, rekanan satu teamnya, Bill, menindasnya dengan panggil namanya berkali-kali.

StopBullying.gov ialah website mengenai bullying yang dihosting oleh pemerintahan Amerika Serikat. Website ini mendefinisikan yang pasti mengenai penindasan sebagai berikut ini:

Bullying ialah sikap agresif yang tidak diharapkan antara beberapa anak umur sekolah yang mengikutsertakan kesetidakimbangan kemampuan yang riil atau yang dirasa.

Baca Juga: Panduan Penataan Diri Anak

Sikap itu diulangi, atau mempunyai potensi untuk diulangi, seiring berjalannya waktu. Baik anak yang ditindas atau yang menindas seseorang kemungkinan mempunyai permasalahan yang serius dan tahan lama. Supaya dipandang bullying, sikap harus agresif dan meliputi [ketidakseimbangan kemampuan dan perulangan].

Kesetidakimbangan Kemampuan: Beberapa anak yang menindas memakai kemampuan mereka seperti kemampuan fisik, akses ke info yang malu-maluin, atau reputasi untuk mengatur atau bikin rugi seseorang. Kesetidakimbangan kemampuan bisa berbeda seiring berjalannya waktu dan pada kondisi yang lain, bahkan juga bila mengikutsertakan orang yang serupa.

Perulangan: Sikap bullying terjadi lebih satu kali atau mempunyai potensi terjadi lebih satu kali. Penindasan meliputi perlakuan seperti membuat teror, menebarkan isu, serang seorang secara fisik atau verbal, dan dengan menyengaja keluarkan seorang dari group.

Bullying ialah sikap agresif, kejam, dan / atau mungkin tidak diharapkan yang terjadi berkali-kali pada orang anak.

Interferensi

Penindasan, khususnya untuk beberapa anak, memerlukan interferensi selekasnya. Bila anak Anda mendadak memutus jika mereka tidak mau kembali bersekolah atau pengin stop dari satu aktivitas, karena itu dialog harus dilaksanakan. Duduklah bersama anak Anda, dan tanya apa yang terjadi dalam kehidupan mereka.

Miliki kasih sayang, pemahaman, dan perhatian pada kalimat dan suara suara Anda supaya anak Anda bisa terbuka ke Anda. Anda tidak tahu apa mereka jadi korban penindasan terkecuali mereka terbuka ke Anda dan share apa yang terjadi dalam kehidupan mereka.

Anak-anak tidak langsung share sebab malu dengan penghinaan itu. Lainnya tidak memberitahu orangtua mereka sebab mereka takut pada pengganggu. Mereka cemas bila mereka memberitahu, amarah sang penindas bertambah jelek. Ini harus jadi perhatian beberapa orangtua.

Interferensi apa saja harus efisien dalam hilangkan teror aktor gertakan. Bila memberikan laporan keadaan itu membuat sikap aktor gertakan jadi lebih jelek, karena itu interferensi itu tidak berhasil.

  • Berbicaralah dengan Kepimpinan Sekolah

Orangtua harus bicara dengan pimpinan sekolah, seperti guru, konsultan, atau kepala sekolah saat keadaan gertakan terjadi. Bila bullying terjadi di sekolah, karena itu petugas harus dikasih tahu supaya bisa turun tangan.

Sejumlah besar sekolah mempunyai peraturan dan prosedur untuk tangani aktor gertakan. Beberapa hal itu kemungkinan terhitung pisahkan murid supaya tidak berhubungan kembali.

Misalkan, dengan keadaan Renee, anak lelaki yang mengolok-olok lengannya kemungkinan dipindah dari meja sekolah yang sekarang ini mereka untuk. Ia akan dipindah ke segi kelas yang terpisah hingga ia tidak dapat dengan gampang berbicara atau mengolok-olok Renee.

Selanjutnya, konsultan akan bicara dengan anak lelaki itu mengenai bagaimana perbuatannya itu menyakitkan dan kenapa ia jangan mengolok-olok siapa saja. Guru dan kepala sekolah kemungkinan harus mengaplikasikan resiko, seperti dikeluarkan dari kelas atau skorsing, yang diterangkan ke murid dan orang tuanya bila ia meneruskan sikapnya.

Dalam banyak kasus, hilangkan peluang untuk murid untuk berhubungan ialah langkah terbaik untuk hentikan penindasan. Bila aktor gertakan tidak mempunyai peluang untuk berhubungan atau berbicara dengan korban, sikap gertakan mereka disetop. Berikut argumen kenapa dalam banyak kasus penghinaan, orangtua perlu mengikutsertakan anggota staff sekolah (bila itu terjadi di sekolah).

Orangtua tidak bisa mengatur di mana murid duduk di kelas. Tetapi, sekolah bisa mengganti tempat duduk murid dalam kelas. Orangtua harus bicara dengan sekolah mengenai gertakan untuk pastikan jika interferensi yang pas dilaksanakan, terhitung pisahkan aktor gertakan dari korbannya.

  • Orang-tua

Orangtua ialah pembela beberapa anak mereka. Bila orangtua tidak berani membuat perlindungan anak mereka, lalu siapa kembali? Saat keadaan bullying tersingkap dengan seorang anak, orangtua perlu memerhatikan info itu dengan serius.

Sayang, beberapa orang tua aktor gertakan yang tidak ingin mengaku jika anaknya ialah aktor penghinaan. Itu dapat nampak dan berasa seperti mereka tidak berhasil sebagai orangtua. Saat seorang anak di-bully, orangtua itu bisa mengontak orangtua aktor gertakan untuk minta interferensi cuman untuk diundur. Orangtua aktor gertakan bisa mengakui jika itu ialah kekeliruan anak lain, atau mereka kemungkinan bersikukuh jika anak mereka tidak bersalah.

Berikut kenapa interferensi harus dilaksanakan di sekolah bila memungkinkannya. Beberapa orangtua harus menyarankan membuat perlindungan beberapa anak mereka sebab penindasan bisa tinggalkan cedera psikis dan emosional. Makin cepat mereka hentikan penindasan, makin baik.

Penindasan Bisa Mempunyai Dampak Serius

Korban bullying bisa meningkatkan depresi dan kekhawatiran. Penindasan yang lagi berjalan bisa berpengaruh pada anak secara psikis dan emosional dalam periode panjang. Pusat Sumber Daya Penjagaan Bunuh Diri mencuplik riset yang memperlihatkan jika penindas dan korbannya mempunyai kenaikan resiko untuk bunuh diri. [2]Dalam tahun-tahun ini, bunuh diri sudah bertambah di kelompok remaja dan pra-remaja. Bullying, terhitung cyberbullying, adalah pemicu khusus bertambahnya bunuh diri di kelompok remaja kita.

Imbas serius  dan kadang bahkan juga mematikan dari penindasan harus diperhitungkan oleh semua orangtua. Bila seorang anak mengutarakan keadaan penindasan, yang mempengaruhi mereka atau seseorang, karena itu orangtua dan orang dewasa harus turun tangan. Sekolah dipersiapkan untuk tangani keadaan ini, dengan peraturan dan prosedur yang berjalan. Resiko dari penindasan menjadi sangat serius, itu penyebabnya sejumlah besar sekolah sudah ambil langkah untuk mengaplikasikan peraturan penindasan.

Pertanda Bullying

Tidak seluruhnya anak akan maju untuk memberitahu orangtua mereka jika mereka diancam. Orangtua harus waspada perombakan sikap pada anak mereka, seperti depresi, kekhawatiran, duka cita, kehilangan ketertarikan pada rutinitas atau sekolah, permasalahan tidur, tidak makan, gampang tersinggung, dan kemuraman. Bila anak Anda memperlihatkan satu dari sikap ini sepanjang dua minggu ataupun lebih, berikut waktunya untuk bicara dengan anak mengenai apa yang terjadi dalam kehidupannya.

Orangtua yang curigai kemungkinan terjadi bullying bisa bicara dengan anak mereka mengenai Pembullyan Anak di Sekolah pada umumnya. Orangtua bisa menerangkan seperti apakah bullying itu, atau mereka bisa memberi contoh yang terjadi di kehidupan mereka sendiri. Mereka dapat menerangkan jika itu bukan kekeliruan korban.

Beritahu anak jika mereka menyaksikan beberapa anak lain ditindas atau bila mereka alami penindasan, mereka perlu memberitahu orang dewasa (seharusnya Anda sebagai orangtua). Saat anak yakin jika bercerita bisa menolong keadaan, anak itu kemungkinan akan mengulasnya.

Bagaimana Menolong Anak Anda

Bila anak Anda diancam, Anda bisa dan harus menolong mereka. Anda bisa melakukan bukan hanya lewat interferensi dalam sekolah tapi juga dengan menolong mereka menangani keadaan itu.

Langkah awal ialah bicara minta anak terbuka dan mengulas apa yang terjadi hingga Anda bisa menolong mereka dengan taktik untuk hentikan penghinaan. Anda tidak bisa menolong mereka terkecuali Anda tahu apakah yang sesungguhnya terjadi.

Berikut cara-cara yang lain bisa Anda kerjakan untuk menolong anak Anda yang hadapi penghinaan:

  1. Anjurkan Mereka untuk Menghindar Penindas

Bila mereka tidak terkena pada penindas, penindasan kerap kali stop. Perihal ini pula yang sering mengakibatkan interferensi sekolah dibutuhkan supaya beberapa anak terpisah dan tidak berhubungan kembali.

Bila terjadi penindasan maya (mis., Anak Anda ditindas di media sosial), mereka kemungkinan perlu memblok orang yang menindas atau meredam akunnya sendiri.

  1. Anjurkan Mereka untuk Menyingkir dan Tidak Tersangkut

Banyak penindas berkembang sebab reaksi. Reaksi orang yang diancam berikut yang menggerakkan sikap mereka. Mereka kemungkinan melakukan untuk bikin seseorang ketawa, atau mereka melakukan untuk rasakan kekuasaan atas seseorang. Bila reaksi orang yang Pembullyan Anak di Sekolah raib, karena itu penindas kemungkinan jadi kurang ketarik.

Anda harus memberi tahu beberapa anak Anda tidak untuk tersangkut dengan aktor gertakan. Menyingkir tanpa bereaksi ialah langkah yang bagus untuk tangani penindas.

  1. Diamkan Mereka Tahu Tidak Apa-apa untuk Memperoleh Kontribusi

Anak harus berasa memiliki daya untuk memperoleh kontribusi saat mereka memerlukannya. Misalkan, bila Jeremy masih bermain sepak bola dan pelatih dikasih tahu mengenai apa yang terjadi dan gertakan terjadi kembali, Jeremy harus memberitahu pelatih.

Ia bisa melakukan secara rahasia sesudah latihan, atau ia bisa bicara dengan pelatih ke samping sepanjang latihan bila memungkinkannya. Bila Jeremy memerlukan interferensi supaya Bill stop, karena itu ia perlu minta kontribusi waktu itu terjadi.

  1. Bangun Kepercayaan Mereka

Sering, aktor gertakan pilih untuk menindas seorang sebab mereka menyaksikan orang itu sebagai target yang kurang kuat atau gampang. Di lain kali, seorang anak terganggu sebab ada suatu hal pada dianya yang lain. Membuat keyakinan diri dan harga diri anak Anda penting untuk menolong mereka menyiapkan diri hadapi penghinaan di hari esok.

Misalkan, bila anak lain mengolok-olok lengan Renee tahun depannya di kelas anyarnya, ia akan siap-siap untuk menutupnya dengan bela diri secara optimis dengan kalimat tenang yang merintangi anak itu untuk mengolok-oloknya kembali.

Tiap keadaan berlainan. Tapi bila anak Anda mempunyai suatu hal yang membuat mereka berlainan atau mencolok dari pihak lain, karena itu mereka bisa siap-siap untuk tangani keadaan itu dengan lebih bagus bila mereka mengenali awalnya apa yang akan mereka ucapkan ke seorang yang pilih mereka untuk ketidaksamaan ini.

  1. Dorong Mereka untuk Mempunyai Pertemanan yang Positif

Beberapa anak dan remaja memerlukan hubungan teman seumuran. Ini menolong mereka jalani hidup yang imbang dan sehat. Seorang anak tanpa hubungan dan persahabatan dengan teman seumuran memungkinkan jadi target penghinaan.

Dorong anak Anda untuk bersahabat sama orang yang lain positif dan murah hati. Tolong anak Anda meningkatkan ketrampilan ini. Anda tidak dapat memperoleh teman terkecuali Anda menjadi teman.

Beradalah untuk Anak Anda

Salah satu perihal terjelek yang bisa dilaksanakan orangtua saat anak mereka di-bully ialah mereka menjelaskan “kuat” atau “beberapa anak bisa menjadi beberapa anak”. Tidak menyikapi keadaan mereka dengan serius dan tidak menolong mereka membuat mereka tidak berhasil. Orangtua harus siap bukan hanya dengarkan anak mereka dan biarkan mereka mengutarakan suatu hal secara terbuka, tapi mereka harus juga siap menolong anak mereka.

Bila anak Anda bertandang ke Anda sebab mereka Pembullyan Anak di Sekolah, tanggapi kondisinya dengan serius. Dampak penindasan yang tahan lama bukan suatu hal yang pengin Anda bereskan di hari esok. Tangani keadaan yang ditemui hingga penindasan bisa disetop ini hari.

Bersiap-siaplah untuk ambil perlakuan serius. Bila kepala sekolah Anda tidak menyikapi keadaan ini dengan serius, membawa ke tingkat selanjutnya. Beritahu dewan sekolah atau administrator sekolah mengenai apa yang terjadi. Taruh bukti, dan beritahu mereka jika Anda pengin penindasan selekasnya disetop.

Bila sekolah tidak ambil perlakuan apa saja dan penghinaan lagi jadi teror untuk anak Anda, bersiap-siaplah untuk keluarkan anak Anda dari keadaan atau sekolah itu, hingga Anda bisa membuat perlindungan anak Anda dari bahaya. Di atas segala hal, pekerjaan kita sebagai orangtua ialah membuat perlindungan beberapa anak kita.

Penindasan bukan peristiwa 1x saat seorang menjelaskan suatu hal yang kejam ke anak Anda. Bullying ialah perlakuan berulang-ulang, baik secara fisik atau verbal, yang bikin rugi anak Anda. Jangan diamkan anak Anda disakiti berkali-kali. Demikian Anda ketahui jika Pembullyan Anak di Sekolah sedang terjadi, itu harus selekasnya disetop lewat interferensi yang tepat.

  • Peroleh Kontribusi Tambahan bila Diperlukan

Bila anak Anda pernah ditindas dan menanggung derita depresi, kekhawatiran, atau pergolakan emosional yang lain sebab penindasan, mereka harus memperoleh kontribusi profesional. Anda bisa ke Psychology Today dan masuk di posisi Anda untuk mendapati terapi berkualitas di dekat Anda. Website ini memungkinkannya Anda untuk cari berdasar permasalahan dan umur perawatan juga. Ini bisa menolong Anda mendapati terapi di dekat Anda yang bisa menolong anak Anda menangani permasalahan khusus mereka.

Stomp Out Bullying ialah website lain dengan suport dan info tambahan mengenai bullying. Mereka tawarkan aliran percakapan gratis untuk remaja yang alami penghinaan. Bila anak remaja Anda ditindas dan memerlukan suport tambahan, saksikan website mereka ini hari.

Penindasan, khususnya untuk beberapa anak, adalah permasalahan serius yang perlu diatasi secepat-cepatnya. Ini bisa bawa kerusakan psikis dan fisik periode panjang pada beberapa anak Anda bila Anda tidak selekasnya menindaklanjutinya. Peranan khusus Anda sebagai orangtua ialah membuat perlindungan anak Anda dari bahaya. Tutorial ini bisa menolong Anda menolong beberapa anak Anda hadapi penindas supaya mereka terbebas dari bahaya.